Friday, May 3, 2019

Nasihat Tangan Tuhan yang Bikin Lionel Messi Jadi Raja Tendangan Bebas


Status Lionel Messi jadi raja sepakan bebas makin kuat sesudah catatan golnya dalam laga menantang Liverpool di Liga Champions. 

Lionel Messi mengambil perhatian sesudah cetak dua gol pada putaran pertama set semi final Liga Champions menantang Liverpool di Stadion Camp Nou, Rabu (1/5/2019). 

Satu diantara golnya, yang bawa Barcelona menang 3-0, terbentuk dari eksekusi sepakan bebas. Daftar Bermain Di Agen Bola Online

Terpaut seputar 29 mtr. dari depan gawang, banyak yang menduga jika jarak sepakan bebas yang ditemui Lionel Messi waktu itu begitu jauh. 

Tapi Messi membungkam kebimbangan itu, dengan cerdas ia melengkungkan bola ke pojok kiri atas gawang. Allison Becker yang diketahui jadi penjaga gawang jawara juga dibikin tidak berkapasitas. 

Ini menghasilkan gol ke-8 Lionel Messi yang diciptakan dengan cara langsung dari sepakan bebas pada musim ini. Tidak ada pemain lain di liga-liga top Eropa yang mendekati catatan Messi itu. 

Paling dekat ialah Angel Di Maria. Catatan gol free-kick pemain Paris Saint-Germain itu juga 'hanya' empat pada musim ini, atau 1/2 dari rekor punya Messi. 

Sedikit yang tahu darimana potensi Lionel Messi untuk cetak gol dari sepakan bebas itu ada. 

La Pulga—julukan Messi—lebih seringkali merendah saat diberi pertanyaan masalah rahasia sepakan bebasnya itu. 

"Anda hanya butuh berlatih," kata Messi pada Marca tahun kemarin. 

"Rahasianya ialah latihan serta melatih diri mengerjakannya, seperti beberapa kemampuan yang lain," katanya menerangkan. 

Tentunya, jawaban Messi itu belum cukuplah memuaskan. Tapi, apa yang dikisahkan bekas pelatih kesehatan tim nasional Argentina, Fernando Signorini, dapat menjawab perasaan ingin tahu itu. 

Dalam biografinya, Call to Rebellion, Signorini bercerita jika legenda sepak bola Diego Maradona sudah menginsipirasi Messi menjadi raja free-kick sekarang ini. 

Momen itu berlangsung pada Februari 2009, waktu tim nasional Argentina lakukan latihan mendekati laga pertemanan di Marseille, Prancis. 

"Sesudah session latihan, Javier Mascherano, Carlos Teves, serta Lionel Messi tinggal untuk melatih sepakannya," catat Signorini dalam bukunya. 

"Messi menyimpan bola serta membidik bagian kiri gawang, tapi sepakannya meleset serta terbang diatas mistar. Ia lalu jengkel serta langsung pergi ke arah ruangan ubah.

"Saya lalu memberinya teguran: Apa Anda ingin pergi sesudah sepakan jelek itu? Tak perlu geram, pergi serta coba  sana," sambungnya. 

Diego Maradona juga dengar pembicaraan itu. Namun bukanlah membentak, pembuat gol "Tangan Tuhan" itu malah mendekati Messi serta memberi pendapat. 

Sekalian merangkul pundak Messi, Maradona mengatakan, "Janganlah tergesa-gesa, pelankan ayunan kakimu, jika tidak bagaimana bolanya tahu apa yang ingin kamu kerjakan. 

Maradona lalu memberikan contoh dengan mengarahkan sepakannya dengan pas ke sudut atas gawang. Menurut narasi Signorini, Messi lihat tindakan Maradona itu dengan takjub. 

Rekam jejak Maradona jadi penembak tepat sudah populer, bahkan juga bertahan sampai saat ia jadi pelatih tim nasional Argentina. 

Hal itu seperti yang sempat dicatat oleh Reuters waktu Piala Dunia 2010 dalam artikel berjudul "Maradona, Si Pakar Sepakan Bebas Pimpin Latihan dengan Contoh." 

Disana dijelaskan jika dengan kaki kiri yang pincang, Maradona, masih bisa tempatkan bola dengan tepat baik ke sudut kanan atas ataupun sudut kiri atas. 


Dengan kebetulan, bagian sudut kiri atas jadi tujuan favorite Lionel Messi dalam menyelesaikan sepakan bebas musim ini. 

Dikutip 88prediksibola.com dari Daily Mail, 4 dari 8 gol sepakan bebas Messi terbentuk waktu bola ditempatkan ke tempat itu. 

Apa kebetulan atau memang nasehat Maradona betul-betul meresap ke pemikirannya, cuma Messi yang tahu. 

No comments:

Post a Comment

Berita Bola 88prediksibola.com